Jumat, 28 Oktober 2011

7-fakta-menakjubkan-tentang-tubuh

  1.  

  1. Mata kita selalu berukuran sama sejak lahir, tapi hidung dan telinga kita tidak pernah berhenti tumbuh.
  2. Batuk rata-rata yang keluar dari mulut kita berkecepatan 60 mil (96,5 km) per jam.
  3. Janggut adalah bulu yang tumbuhnya paling cepat pada manusia. Jika pria rata-rata tidak pernah memangkas janggutnya, makan hal ini akan membuatnya tumbuh hingga hampir 30 kaki dalam hidup.
  4. Senyum adalah ekspresi wajah yang paling sering digunakan. Senyum dapat dilakukan di mana saja dari 5 hingga 53 pasang otot wajah.
  5. Dibutuhkan tujuh detik untuk makanan untuk pergi dari mulut ke lambung melalui kerongkongan.
  6. Hati wanita berdetak lebih cepat daripada laki-laki.
  7. Dalam satu hari, jantung kita berdenyut 100.000 kali

Cegah Campak dengan Imunisasi



Merebaknya kasus campak di Eropa perlu diwaspadai. Apalagi saat ini Indonesia masih merupakan negara yang melakukan reduksi menuju eliminasi penyakit campak.
"Ini berarti, masih dijumpai kasus campak di Indonesia," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, Sabtu (29/10/2011) di Jakarta.
Meski Indonesia berhasil menurunkan kematian akibat campak 90 persen pada tahun 2010 dibandingkan tahun 2000, pemerintah akan berusaha agar dapat menekan lebih jauh, yaitu 95 persen pada tahun 2015.
Tjandra menjelaskan, perubahan iklim mungkin saja memengaruhi kondisi virus, tetapi juga lebih memengaruhi kondisi anak, terutama balita. Jadi, saat terjangkit campak, kemampuan untuk mengobati diri sendiri jadi menurun atau rentan terhadap penyakit.
Untuk mengantisipasi peredaran penyakit campak di Indonesia, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus terus digalakkan, seperti mencuci tangan setelah memegang hidung atau mulut, menutup hidung dan mulut pada saat bersin ataupun batuk. Selain itu pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif sampai anak usia 6 bulan dan makan dengan kandungan gizi seimbang sesuai usia dapat mengurangi risiko terkena campak.
"Berikan imunisasi pada usia 9 bulan dan memberikan dosis kedua pada saat Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kepada anak kelas 1 SD atau setingkatnya," kata Tjandra.
Memberikan imunisasi tambahan, menurut Tjandra, diperlukan untuk memberi kesempatan kedua bagi tubuh anak untuk membangun sistem imunitas tubuhnya terhadap campak. Hal ini disertai pemantauan kasus di puskesmas, rumah sakit, dan di masyarakat.
Penyebab penyakit campak adalah virus yang berasal dari golongan paramyxovirus dengan genus morbilivirus. Gejala yang sering dijumpai adalah demam sekitar 3 atau 4 hari diikuti dengan hidung beringus, batuk, adanya bintik-bintik merah di tubuh, dijumpai bercak koplik yang spesifik didapati pada kasus campak.
Komplikasi atau penyulit yang sering terjadi pada kasus campak adalah diare sedang sampai berat, pneumonia, infeksi telinga bagian tengah, encephalitis. Kadang-kadang terjadi kerusakan kornea sehingga menyebabkan kebutaan permanen.
"Pengobatan virus tidak ada  yang spesifik, tetapi hanya symptomatik atau mengurangi keluhan seperti obat demam, pemberian antibiotik bila terjadi infeksi sekunder. Yang utama adalah makan dengan gizi seimbang dan istirahat cukup," jelasnya.
Waspada campak
Tjandra menambahkan, masyarakat Indonesia yang berada di Eropa diminta mewaspadai serangan campak di kawasan itu. Bila perlu, anak-anak mereka diharapkan segera mengimunisasi anaknya di fasilitas kesehatan terdekat.
Menurut dia, Kementerian Kesehatan telah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk menginformasikan keadaan di Eropa. Kementerian Luar Negeri juga diminta mengimbau masyarakat Indonesia yang ada di sana agar waspada.
Sehubungan dengan informasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa campak sedang merebak di Eropa, Tjandra menyebutkan, masing-masing negara melakukan program pengendalian penyakitnya sendiri, dan menyediakan pelayanannya di negaranya. Mereka yang memerlukan vaksin di suatu negara dapat menghubungi pelayanan kesehatan di negara mereka berada.(*/tribun-timur.com)

Editor : Muh. Irham
Sumber : Kompas.com

Kamis, 27 Oktober 2011

10 Motor Tercepat di Dunia

10. Ducati 1098s

Ducati 1098 dengan 1099 cc L-twin sport bike pabrikan Ducati (dipasarkan 8 November 2006). Motor dengan 160 horsepower, 90.4 ft-lb torque(torque terbesar dari semua sport bike yang perna ada), dengan berat 173kg.
Features:
Engine: L-twin cylinder, 4 valves per cylinder Desmodromic, liquid cooled
Top Speed: 169 miles per hour (271 km/h)
Power: 119.3 kW (160.0 bhp) @ 9750 rpm
Transmission: 6 speed Chain

9. BMW K 1200 S

Motor pabrikan BMW (dipasarkan 25 September 2004) yang hanya membutuhkan waktu 2,8 detik untuk mencapai kecepatan 60 mil/jam. Motor dengan 4 cylinder, liquid-cooled engine dengan 123 kW (165 hp).
Features:
Engine: 16 valves, 4 cylinders, DOHC, horizontal in-line, liquid cooled
Top Speed: 174 miles per hour (278 km/h)
Power: 164.94 horsepower (120.4 kW) @ 10250 RPM
Transmission: 6 speed manual
8. Aprilia RSV 1000R Mille

Motor yang merupakan limited-edition RSV Mille Factory yang memiliki high performance V-twin powered motorcycles pabrikan Aprilia dengan mesin 141 HP 998 cc engine built by the Austrian company Rotax.
Features:
Engine: 998 cc 60 degree V-twin engine
Top Speed: 175 miles per hour (281 km/h)
Power: 105.24 kW (143.09 PS; 141.13 hp) @ 10000 rpm
Transmission: 6 speed, chain driven

7.  Kawasaki Ninja ZX-11/ZZ-R1100

Motor yang diproduksi tahun 1990-2001, yang dipasarkan dengan nama ZX-11 Ninja di Amerika Utara dan ZZ-R1100 di seluruh dunia. Motor yang memiliki top speed 283 km/h (176 mph).
Features:
Engine: 1052 cc 4-stroke, 4-cylinder, DOHC, liquid-cooled
Top Speed: 176 miles per hour (283km/h)
Power: 108 kW (147 PS) @ 10,500 rpm
Transmission: 6 speed

6. MV Agusta F4 1000 R

F4 1000 R dipasarkan tahun 2006 dengan 174 horsepower (128 kW) engine. F4 1000 R dilengkapi dengan Brembo Monobloc radial brakes, forged black Brembo wheels, carbon-nitride coated Marzocchi upside down fork dan upgraded Sachs rear shock absorber (compression & rebound damping adjustable in high & low speed range). F4 1000 R dengan topspeed 185 mph (299 km/h) menempatkan motor ini dalam posisi 6 dalam 10 motor tercepat di dunia.
Features:
Engine: liquid cooled, inline, 4 cylinder, DOHC, 16 radial valves
Top Speed: 185 mph (299 km/h)
Power: 174 horsepower (128 kW)
Transmission: multi-disc wet clutch, 6 speed cassette gearbox

5. Yamaha YZF R1

YZF-R1 merupakan redesigning The Yamaha YZF-R1 motorcycle yang diluncurkan Yamaha tahun 1998. Motor yang termasuk the true liter class (1,000 cc).
Features:
Engine: Forward Inclined Parallel 4-cylinder, 20 valves, DOHC, liquid-coole
Top Speed: 186miles per hour (297 km/h)
Power: 128.2 horsepower (95.6 kW) at 10000 rpm
Transmission: Constant mesh 6-speed
4. Honda CBR1100XX Blackbird

Honda CBR1100XX Blackbird merupakan motor yang pertama dibuat tahun 1996 dan terus dikembangkan hingga tahun 2007.
Features:
Engine: 1137cc liquid-cooled inline four-cylinder
Top Speed: 190 miles per hour (310km/h)
Power: 114 kW (153 hp) @ 10,000 rpm
Transmission: Close-ratio 6-speed

3. MTT Turbine Superbike Y2K

MTT Turbine Superbike, atau yang diasa dikenal Y2K Turbine Superbike adalah motor kedua di dunia powered by a turbine engine, yang dibuat oleh Ted McIntyre of Marine Turbine Technologies Inc. Powered by a Rolls Royce Allison 250 series turboshaft engine, dengan 238kW (320hp), motor ini memiliki top speed 227 mph (365 km/h), dengan harga US$150,000. Motor ini masuk dalam Guinness World Records dengan katagori the “Most powerful production motorcycle” dan the “Most expensive production motorcycle”.
Features:
Engine: Rolls-Royce 250-C20 turbo shaft
Top Speed: 227 miles per hour (365 km/h)
Power: 320 horsepower (239 kW) @ 52,000 rpm
Transmission: 2-speed automatic
No 2. Suzuki Hayabusa

Motor dengan 1299 cc (79.2 cu in) inline-4 liquid-cooled engine yang dibandrol dengan harga $11,999 di Amerika.
Features:
Engine: 1340 cc (82 cu in), 4-stroke, four-cylinder, liquid-cooled, DOHC, 16-valve
Top Speed: 248 miles per hour (397 km/h)
Power: 197 horsepower (147 kW) @ 6750 rpm 147kW
Transmission: 6-speed, constant mesh
1. Dodge Tomahawk
Dodge Tomahawk adalah Viper V-10 based motorcycle yang memiliki 500 horsepower engine with four wheels. Dua ban di depan dan dua ban di belakang, menjadikan motor ini terlihat seperti motorized quadricycle daripada sebuah motorcycle. Dalam waktu 1.75 detik, motor ini mampu mencapai kecepatan 350 mph, dari top speed 676 km/h (420 mph). Chrysler(sang eyang) hanya menjual sembilan replicas, dengan harga $555,000 per motor.

Rekam Jejak MARCO SIMONCELLI



Simoncelli memulai karir olahraga balap motornya sejak usia belia. Jenjang demi jenjang ia pijak hingga akhirnya berhasil menembus kelas prestisius MotoGP. Berikut rekam jejaknya.
1987: Lahir di Cattolica, Italia, pada tanggal 20 Januari.
1996: Meraih posisi runner-up di Kejuaraan Italia Minimoto. Prestasi ini ia ulangi tiga tahun kemudian.
2000: Meraih gelar Kejuaraan Italia Minimoto dan menjadi runner-up Kejuaraan Eropa Minimoto.
2001: Menembus Kejuaraan Italia 125 cc dan meraih gelar juara di tahun pertamanya.
2002: Juara Eropa kelas 125cc.
2003: Menjalani musim perdananya berkompetisi secara penuh di Kejuaraan Dunia kelas 125 cc bertama tim Matteoni Racing.
2004: Bergabung dengan tim Rauch Bravo dan meraih kemenangan perdana di Grand Prix di Jerez, Spanyol.
2005: Bergabung bersama Nocable.it, Simoncelli mengakhiri musim kompetisi Kejuaraan Dunia125cc di peringkat kelima.
2006: Naik kelas ke 250cc menunggangi Gilera. Mengakhiri musim di peringkat ke-10 dengan hasil terbaik finish di peringkat keenam di GP Cina.
2008:
Juni - Meraih kemenangan perdana di kelas 250 cc pada GP Italia di Mugello, sekaligus salah satu momen kontroversial Simoncelli. Dalam usaha meraih kemenangan tersebut, Sic, julukannya, menutup jalan Hector Barbera yang akan menyalipnya. Barbera menabraknya dan terjatuh, sementara ia bisa melanjutkan balapan.
Oktober - Meraih gelar Juara Dunia kelas 250cc bersama Gilera. Ia mengunci gelarnya pada GP Malaysia di Sepang, tempat ia menghembuskan nafas terakhirnya.
2009: Mengakhiri musim dengan posisi ketiga di klasemen kelas 250cc, di belakang pembalap Jepang Hiroshi Aoyama dan pembalap Spanyol, Barbera.
2010: Menjalani debutnya di MotoGP bersama San Carlo Gresini Honda. Melakoni 16 dari 18 balapan dan menutup musim debutnya dengan posisi kedelapan.
2011:
Mei - Terilbat dalam kecelakaan kontroversial dengan pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa, saat memperebutkan tempat kedua di GP Prancis. Pedrosa mengalami cedera tulang bahu sementara Simoncelli harus menjalani penalti, namun masih bisa finis di posisi kelima.
Saat itu, Simoncelli sudah mendapat peringatan dan setuju untuk mengevaluasi cara mengemudinya yang terlalu sembrono.
Juni - Meraih pole position pertamanya pada GP Katalunya di Barcelona, namun start yang buruk membuatnya hanya finis di urutan keenam.
Agustus - Finis di peringkat ketiga, sekaligus podium pertamanya pada GP Ceko di Brno.
23 Oktober - Meninggal dunia karena kecelakaan pada GP Malaysia, di Sepang.
Musim lalu, Simoncelli juga pernah mengalami dua kali kecelakaan di Sepang saat pramusim. Salah satu diantaranya menyebabkan helmnya retak.

Selasa, 25 Oktober 2011

Kecelakaan MARCO SIMONCELLI pada saat balapan di Sepang,Malaysia

Motor Matik Simoncelli Bakal Jadi Legenda



VIVAnews - Kepergian Super-Sic, julukan bagi pembalap Motor GP, Marco Simoncelli masih saja menyisakan duka bagi para fansnya.

Berbagai pernak-pernik perlengkapan balap milik Simoncelli pun laris manis diburu oleh para penggemarnya. Salah satunya replika helm GV GP Tech milik pria yang berambut ikal ini.

Bukan hanya helm, Simoncelli juga memiliki sebuah motor matik khusus yang diberi nama Gilera Runner 50 SP Simoncelli. Motor ini biasanya digunakannya untuk beraktfitas di area paddock.

Seperti dilansir bikez.com, motor ini dibuat khusus sebagai apresiasi atas keberhasilan tim Metis Gilera saat Simoncelli berjaya di kelas 250cc pada 2008 silam.

Gilera Runner 50 SP Simoncelli merupakan motor skuter lansiran 2010 dengan mesin single silinder 2-stroke, skuter ini juga ditunjang dengan transmisi otomatis dengan kopling sentrifugal.

Sistem pengapiannya pun berasal dari CDI. Tenaga yang dihasilkan dari skuter ini hanya 5,40 horsepower.

Tidak hanya itu, Gilera Runner 50 SP Simoncelli juga dipersenjatai dengan sistem suspensi up-side down untuk bagian depan, sedangkan buritan mengandalkan hidrolik.

Motor yang joknya dibuat single seater ini dilepas dengan harga 2.220 Euro atau sekitar Rp27 juta. Kini, skuter limited edition tersebut boleh jadi barang istimewa peninggalan Simoncelli.